Tutorial Membuat Home Web Server Pakai Speedy

Sumber: Bocah Weblog


Jika kamu ingin membuat web server ini diakses umum dan banyak pengunjung ada beberapa masalah yang akan kamu hadapi terutama dari kecepatan akses webnya. Karena kecepatan upstream internet di Indonesia rata-rata sangat minim dan begitu juga kalau kamu menggunakan koneksi internet speedy.

Note : Sebelum kamu membuat home web server ini kamu harus pastikan dahulu bahwa kamu sudah mengupdate security updates kamu dengan updatean yang terakhir.

Apa saja yang kamu butuhkan jika ingin membuat Web Server..??
Seperangkat Komputer (Dalam tutorial ini cukup dengan menggunakan Windows XP)
Koneksi ADSL, Cable yang unlimited, kenapa gw minta yang unlimited..?? Karena biar webserver ini bisa hidup selama 24 jam. Soalnya jika tidak unlimited nanti bisa-bisa tagihan internetnya bisa jebol dan jika ini terjadi diluar tanggung jawab gw ya huekeke..

Jika kamu sudah punya keduanya. Langkah berikut yang harus kamu punya yaitu disable dan stop firewall komputer kamu. Termasuk windows firewall, skype serta yang lainnya. Karena kalau tidak hal ini kadang bisa membuat Home Webserver kamu tidak berjalan ketika kamu menjalankan proses instalasinya. Dan program ini bisa kamu jalankan kembali ketika kamu sudah selesai proses instalasinya.

Selanjutnya download program Appserv, walaupun masih ada beberapa program lain yang bisa, tapi disini kita coba cara yang lebih mudah saja ya. Setelah selesai download langsung kamu install dan gunakan setingan default.



Lalu buat langkah berikut masukan password kamu, hal ini berfungsi nanti ketika kamu akan membuka halaman phpmyadmin untuk home web server kamu :

Setelah selesai silahkan kamu buka web browser kamu dan ketik halaman :

http://localhost/

Jika sudah tampil seperti gambar diatas, Selamat berarti anda sudah lolos untuk tahap pertama instalasi home web server, jika kamu terhubung dalam satu jaringan dan ada komputer lain didalam satu jaringan kamu silahkan uji dari komputer lain dengan memasukan ip komputer yang sudah kamu install appserv.

Ex : http://192.168.1.10

Jika kamu sudah bisa mengakses halaman web tersebut dari komputer lain dan melihat halaman yang sama berarti berarti kamu sudah siap untuk tahap berikutnya. Yaitu cara biar web server yang kamu bikin tadi bisa di akses dari komputer lain diluar jaringan networking kamu.

Sudah OK..?? sekarang kita lanjut ketahap setingan berikutnya yaitu merubah share document kamu ke folder yang kamu inginkan.

Anggap saja kamu mau mengganti share document kamu ke folder music kamu. Dan semua file music kamu di letakan di c:\BoCaH\music Gunakan text editor Notepad untuk mengedit file configuration yang ada di C:\AppServ\Apache2.2\conf\httpd.conf setelah kamu membuka file configuration ini kemungkinan kamu pasti akan bingung karena begitu panjangnya text didalamnya. Tetapi tidak usah bingung kamu bisa memanfaatkan find yang ada di program notepad tinggal pencet ctrl F lalu kamu tinggal cari kata-kata :

DocumentRoot “C:/AppServ/www”

Lalu ganti menjadi DocumentRoot “C:/BoCaH/music”

Setelah itu rubah directorynya Directory “C:/AppServ/www” menjadi Directory “C:/BoCaH/music”

Jika sudah silahkan save file conf nya. Dan restart apache server kamu.

Start >> Program >> Appserv >> Control Server By Service >> Apache Restart

Lalu coba test kembali di web browser kamu http://localhost dan kamu akan melihat perbubahannya.

Selamat sekarang kamu sudah mempunyai web server sendiri. Jika komputer dan jaringan internet kamu tidak terhalang firewall maka kamu sudah bisa mengakses web server kamu dari komputer lain dan jaringan lain. Kamu bisa memasukan ip koneksi kamu di web browser. Jika kamu tidak tahu berapa ip koneksi internet speedy kamu, kamu bisa melihatnya di What Is My Ip.

Selamat mencoba...




0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda:

slow but sure,,,,