107 triliun email terkirim pada tahun 2010


Saat ini internet menjadi barang yang tidak lagi mewah. Apalagi hadirnya jejaring sosial dan kemudahan akses internet melalui beberapa perangkat, membuat internet penggunaan internet berkembang cukup pesat. Perkembangan tersebut juga mempengaruhi aspek sosial yang terjadi di masyarakat umum seperti jumlah situs yang terus berkembang hingga jumlah pengguna internet yang terus bertambah. Hal tersebut kemudian menjadi acuan dari Pingdom yang merupakan situs pemantau statistik perkembangan internet. Situs tersebut baru saja merilis data statistik menarik dari tahun 2010 tentang jumlah pengiriman email oleh pengguna yang mencapai 107 triliun. Bila dirata-ratakan, setiap hari terdapat 294 miliar email dikirim dan diterima pengguna.


Tidak heran kemudian terdapat 1,88 miliar pengguna email di seluruh dunia. Jumlah tersebut hampir mendekatai total pengguna internet yang mengakses web pada tahun 2010. Namun, perlu diingat bahwa sekitar 89 persen dari semua email yang dikirim merupakan pesan spam otomatis. Sedangkan jumlah email yang berguna jauh lebih rendah sekitar 32 milyar email per hari, jumlah tersebut masih mengesankan. Sebenarnya terdapat 2,9 milyar akun email yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan pengguna internet sekarang ini. Banyak orang memiliki lebih dari satu akun email, hal tersebut yang membuat email spam juga berkembang semakin pesat. Semakin banyak akun email, maka jumlah email spam yang terkirim otomatis juga akan terus bertambah.


Untuk sementara, email masih memiliki kekuatan penting dalam berkomunikasi melalui internet, namun kehadiran dari jejaring sosial juga harus diperhitungkan bagi pengguna email. Penggunaan blog juga dapat mempengaruhi pemanfaatan internet di seluruh dunia. Saat ini terdapat sekitar 152 juta blog di akhir 2010. WordPress.com saja mendapatkan tambahan 6 juta blog tahun lalu. Perhitungan sementara terdapat 600 juta orang menggunakan blog hingga saat ini, meskipun pada pertengahan tahun lalu jumlah pengguna blog mencapai 500 juta. Kemudian 250 juta orang bergabung di Facebook pada tahun 2010. Untuk Twitter, terdapat 25 miliar tweets yang dikirim pada tahun 2010. Selain itu, 2010 merupakan tahun pertumbuhan pesat bagi Twitter yang mendapatkan 100 juta pengguna baru. (jimmyfernanda/BeritaNet.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda:

slow but sure,,,,